Bisnis Sampingan Tak Memberikan Hasil? Ini 7 Penyebabnya

Akibatnya, daya saing mereka rendah dan sulit untuk bertahan di pasar ketika perusahaan yang telah mapan menjalankan strategi bersaing yang agresif. Sebuah bisnis gagal karena tidak dapat menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutupi pengeluarannya. Itu juga dapat terjadi karena faktor eksternal seperti resesi, pajak tinggi, suku bunga tinggi, peraturan yang berlebihan, dan persaingan. Alasan lainnya termasuk pengalaman dan keterampilan manajemen yang miskin, lokasi buruk, manajemen persediaan buruk, modal tidak mencukupi, investasi berlebihan dalam aset tetap, dan kebijakan kredit buruk. Kamu bisa belajar dulu tentang bagaimana cara menjalankan usaha yang benar dari orang lain.

Kunci keberhasilan pertumbuhan bisnis dan menghindari kegagalannya adalah perencanaan yang strategis. Beberapa dampak dari kurangnya pengalaman bisnis antara lain tidak memiliki tim manajemen yang baik dan tidak membayar pajak tepat waktu. Dengan istilah sederhananya, pelanggan harus mau membayar produk atau layanan Anda dengan harga yang cukup tinggi untuk mendukung bisnis tetap berjalan. Nantinya, website menjadi cara tambahan untuk menghasilkan pendapatan, misalnya ruang untuk iklan penjualan, produk dropship, atau produk afiliasi. Selain itu, kebanyakan financial institution meminta rencana bisnis Anda ketika Anda mencari modal tambahan untuk perusahaan.

kegagalan dalam bisnis

Dengan demikian, Anda pun bisa membuat rencana yang jauh lebih matang untuk usaha yang sama. Anda bisa tetap berkutat untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Bisa juga mencari jalan baru yang mungkin tidak ada kaitannya dengan masalah atau kesalahan yang terjadi.

Penyebab kegagalan wirausaha itu sendiri pun beraneka ragam, mulai dari faktor inner hingga eksternal. Banyak kemitraan antara pasangan, bisnis keluarga, atau teman-teman yang mengalami kesuksesan. Contohnya Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos, istrinya MacKenzie dan beberapa temannya. Selain itu gagasan untuk memulai bisnis dengan seseorang yang Anda kenal dengan dekat dan percaya bisa sangat menarik dan terdengar menjanjikan. Namun, seperti yang sering dikatakan, memilih mitra bisnis lebih sulit daripada memilih pasangan hidup, dan banyak kemitraan semacam itu mengalami kegagalan.

Cukup banyak pengusaha yang memulai bisnis melakukan kesalahan saat membeli bahan baku, misalnya membeli terlalu banyak bahan baku. Membeli bahan baku harus memperhatikan permintaan atau kebutuhan dari konsumen, sebaiknya tidak berlebihan karena bisa terbuang percuma. Jika Anda berbisnis, Anda pasti akan mengalami hal ini juga dan mungkin akan melakukannya berkali-kali. Sebenarnya Anda bisa meminimalisir hal ini dengan banyak belajar. Baik dari para pebisnis yang sudah sukses atau belajar dari pengalaman Anda sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode lean startup yang dikemukakan oleh Profesor Thomas R. Eisenmann. Presentasi paling tinggi adalah karena startup membuat produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan pasar lalu disusul dengan alasan kekurangan modal usaha. Kemudian berdasarkan kegagalan ini CB Insight melakukan analisis mengenai sejumlah faktor yang dapat membuat sebuah usaha rintisan gulung tikar. Melalui hasil analisisnya CB Insight kemudian menyatakan 20 alasan mengapa sebuah usaha rintisan kolaps dan bangkrut. Hal tersebut bisa dicapai karena Gojek memiliki banyak cabang usaha tidak hanya berputar di moda layanan transportasi saja.

Bisnis dengan sistem franchise yang dijual tersebut ternyata tidak menghasilkan keuntungan atau usaha franchise yang dibeli tersebut tidak laris manis dan tidak mencapai target penjualan. Namun pergi berlibur untuk menikmati hasil usaha kita juga tidak ada salahnya. Fokuskan waktu dan kegiatan anda pada bidang yang masih ada hubungan dengan bisnis tersebut kalau memang mungkin anda sudah punya karyawan yang mengurus bisnis itu. Disaat awal berjalan bisnis langsung booming dan mulai menampakkan hasil. Seolah-olah ia merasa sudah sukses dan yakin akan berjalan lancar. Sehingga dia mulai menggunakan uang untuk memenuhi keinginan pribadi sampai kepada hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dampak dari pemilihan lokasi yang tidak tepat ini adalah operasional usaha yang kurang efisien. Perencanaan yang belum matang akan berakibat pada timbulnya masalah atau kesulitan dalam mengimplementasikan sejumlah tindakan. Oleh karena itu, untuk menghindari faktor kegagalan wirausaha yang satu ini, kamu harus terbiasa membuat rencana, sebelum menjadikannya sebagai program kerja.

Tapi pada kenyataannya sekitar 90% usaha startup berujung pada kegagalan. Jika memang sudah demikian, ada baiknya jika kamu menggeser lokasi usaha kamu ke tempat yang lebih strategis. Bagaimana mau sukses sebagai wirausaha, jika saja perencanaan kamu tidak matang. Kebijakan/keputusan hendaknya berbasis knowledge, begitu juga dalam hal keuangan.