Idul Adha, Mengambil Hikmah Dari Kisah Nabi Ibrahim Dan Ismail

“Sedangkan ibu-ibu yang berkarier harus bisa membagi waktunya seefisien mungkin untuk anak. Di waktu itu pula ibu-ibu bekerja,” jelas Deassy yang memiliki tiga anak di jenjang SMP, SD, dan TK. Kebiasaan ini akan membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita. Stephen Covey menggambarkan kebiasaan ini dengan ilustrasi seseorang yang sedang menggergaji sebatang pohon besar.

Sila Ke-3 Pandemi ini dapat dikalahkan dengan cara kita bersatu untuk melawannya, pada saat ini mungkin cara yang dilakukan adalah dengan menjaga jarak serta berdiam diri di rumah saja. Sila Ke-2 Setiap orang wajib memperlakukan satu sama lain dengan memperhatikan etika, sehingga muncul rasa memanusiakan manusia. Sila Ke-1 melakukan cara dengan berdoa dan berserah diri kepada-Nya untuk keselamatan agar virus ini akan segera berakhir dari dunia. Perjalanan Isra’ Mi’raj ini ditempuh dalam waktu semalam saja, dimulai dari Masjidil Haram kemudian ke Masjidil Aqsha dan terakhir di Sidratul Muntaha untuk menerima perintah sholat lima waktu.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Makna dari hidup itu singkat tak lain agar kita tidak mensia-siakan masa hidup di dunia. Jauhi hal-hal yang buruk atau yang bisa memberi keburukan bagi hidup kita. Karena hidup itu singkat, jadi jangan pernah melakukan hal-hal yang justru membuat hidup menjadi lebih singkat. Akibat pandemi ini banyak orang-orang yang tidak bisa mencari nafkah untuk biaya hidup mereka. Untuk orang-orang yang mampu banyak yang memberikan bantuan berupa sembako atau uang kepada mereka sebagai bentuk solidaritas kita kepada antar sesama. Dan Nabi Ismail AS., Ismail Hermana menyampaikan tiga poin utama yang dapat dijadikan contoh untuk dapat menciptakan spirit idul adha.

Jika terlalu berlebihan maka makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Nah, shalat tarawih adalah salah satu aktivitas di mana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus membakar kalori. Masih ada ninety eight catatan kehidupan dari Gobind Vashdev yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kehidupan.

Saat cintamu ditolak maka tanpa disadari kamu sudah belajar tentang apa itu ilmu ikhlas. Ya, kamu harus sadar bahwa semua keinginan kamu belum tentu kamu dapatkan, bahkan jika kamu sudah berjuang sekuat tenaga untuk menggapai keinginan tersebut. Fimela.com, Jakarta Ditolak, sebenarnya tidak perlu kita sendiri yang mengalami karena mendengar orang cerita tentang penolakansaja rasanya sudah sakit hati. Hmmm, dijamin nggak ada satupun dari kita yang terbebas dari penolakan. Keberadaan nilai itu diperlukan agar sebagai kementerian dengan tugas berat untuk mengawali atau menggawangi proses transformasi digital dapat menjalankan peran dengan baik.

Begitu pula dengan wabah Covid-19 ini, jika kita mau bersabar, menghilangkan ego dengan sikap rendah hati dan mau instropeksi, tentu banyak hikmah yang bisa kita petik. Pada saat ini banyak sekali gerakan-gerakan gotong royong, gerakan-gerakan untuk membantu relawan-relawan yang terjadi di sekitar kita. Mulai dari tingkat keluarga, RT/RW, dari pemerintah kota, sampai tingkat nasional dan ini bisa menjadi sebuah hal yang masuk dalam teks yang dibahas dalam pembelajaran sangat relevan, sangat bermakna. Artinya, seorang pemimpin harus berani mengambil risiko untuk kemaslahatan dan kepentingan masyarakat dan daerah. Selanjutnya, pemimpin visioner pun harus mau mendengar dan membangun relasi dengan berbagai pihak. Tidak boleh alergi terhadap satu atau sekelompok orang tetapi harus membangun komunikasi dengan berbagai pihak,” tegasnya.